Minggu, 07 Februari 2016

Ringkasan SBK (Seni Budaya Keterampilan) Kelas 9 semester 1

Bab 1: SENI LUKIS

A. Pengertian Seni lukis
    - Menurut Sudarso melukis adalah kegiatan mengolah medium dua dimensi atau permukaan datar dari objek tiga dimensi untuk mendapat kesan tertentu dengan melibatkan ekspresi,emosi,dan gagasan pencipta secara penuh.
    - Secara umum, seni lukis adalah sebuah pengembangan dari menggambar, biasanya memiliki keunikan atau ciri khas tersendiri

B. Aliran gaya lukisan
    Aliran atau gaya adalah ciri khas, tema,dan teknik yang ada dalam karya lukisan. Ada 3 aliran dalam seni lukis,yaitu:
    - Representatif -> perwujudan gaya seni rupa yang menggunakan keadaan nyata pada kehidupan masyarakat dan gaya alam. Aliran ini dibagi menjadi 3 yaitu:
      *) Naturalisme

      *) Realisme

      *) Romantisme

   
    - Deformatif -> Adanya perubahan bentuk dari aslinya sehingga menghasilkan bentuk baru, namun tidak meninggalkan bentuk dasar aslinya.Yang termasuk aliran deformatif adalah:
      *) Ekspresionisme

      *) Surialisme

      *) Kubisme


   - Aliran nonrepresentatif -> suatu bentuk yang sulit untuk dikenal karena sudah meninggalkan bentuk aslinya, lebih menekankan unsur formal,struktur,unsur rupa,dan prinsip estetik.Pelukis yang termasuk aliran ini adalah Amry Yahya,Fajar Sidik,But Mochtar,dan Sadali.
  

C. Tema seni rupa murni
    1. Hubungan antara manusia dengan dirinya untuk mengungkapkan cita rasa keindahan, manusia mewujudkannya lewat media ekspresi.
 
    2. Hubungan antara manusia dengan manusia lain -> Pelukis mengungkapkan cita rasa dengan alam sekitar sebagai objek.
 
    3. Hubungan antara manusia dengan alam sekitarnya -> Pelukis mengungkapkan cita rasa dengan alam sekitar sebagai objek
 
    4. Hubungan manusia dengan benda -> Pelukis menjadikan benda-benda sebagai objek lukisannya
 
    5. Hubungan antara manusia dengan aktivitasnya -> aktivitas manusia dalam kehidupan sehari-hari dijadikan objek oleh pelukis dalam karya seninya:

    6. Hubungan antara manusia dengan alam khayal -> Pelukis mewujudkan ide,imajinasi atau khayalan ke dalam karya seni rupa
 

D. Alat,Bahan,dan media yang digunakan berkarya seni lukis sangat beragam tergantung dari teknik yang digunakan.
     1. Pensil


    2. Pensil arang

   3. Pastel dan krayon

   4. Pena/Pulpen

   5.Tinta Bak

   6. Cat (pewarna)

   7. Kuas

   8. Pisau Palet                                                             9. Palet

                                 

E. Jenis Lukisan berdasarkan teknik dan bahan yang digunakan
    1, Mozaik

    2. Lukisan kaca                                            3. Lukisan cat minyak (plakat)
                      
    4. Lukisan cat air (aquarel)                          5. Lukisan acrylic
                      
     6. Lukisan batik


F. Proses atau langkah dalam melukis adalah sebagai berikut:
    1. Memunculkan gagasan
    2. Membuat sketsa
    3. Menentukan media ( bahan dan alat )
    4. Menentukan teknik
    5. Mewarnai dan menyempurnakan

Bab 2: Mengubah lagu modern secara unisono 

A. Lagu modern Indonesia
     Musik modern seringkali diartikan sebagai musik yang berkembang dan populer di kalangan masyarakat luas saat ini. Musik modern itu diidentikkan dengan ditambahkannya sentuhan teknologi dan penggunaan alat musik yang modern untuk mengiringi sebuah lagu.

B. Jenis-jenis musik modern yang berkembang di Indonesia
     1. Pop -> Musik popular atau yang biasa disebut musik pop sangat berkembang dan memiliki banyak pendengar di Indonesia. Lagu-lagu pop yang berkembang di Indonesia memiliki ciri yaitu penggunaan ritmik yang bebas, dengan penggunaan alat musik yang sederhana.
     2. Rock -> Musik rock merupakan salah satu jenis aliran musik yang memiliki keterkaitan dengan musik pop. Ciri dari musik rock adalah digunakannya alat musik yang dominan seperti gitar dan amplifier yang menghasilkan suara yang variatif dan menimbulkan suara yang keras.
     3. Jazz -> Musik jazz ini kental dengan improvisasi yang berani mengubahn progress akor yang berulang dari sebuah lagu. Dalam musik jazz, lagu yang aslinya masih datar, kemudian diubah menjadi lebih ekspresif sesuai keinginan penyanyinya.
     4. Dangdut -> Masyarakat di daerah-daerah sangat terbiasa dengarkan musik dangdut sebagai salah satu kegemaran dalam mengekspresikan perasaannya. Penggunaan alat musik tambahan seperti kendang dan seruling dengan pola irama yang juga mudah dipahami.

C. Lagu Unisono
    Unisono merupakan kegiatan bernyanyi dengan menggunakan satu suara. Unisono atau lagu satu suara ini biasanya diciptakan oleh penciptanya dalam pola sederhana.
    1. Melodi Utama -> lagu unisono terdiri dari satu melodi utama. Melodi merupakan rangkaian dari nada-nada yang telah dipilih untuk mewakili keinginan pencipta lgunya agar sesuai dengan tema dan makna lagu tersebut. Solmisasi tangga nada terdiri dari Do - Re - Mi - Fa - Sol - La - Si - Do
    2.Lirik -> Lirik lagu dapat dibuat sebelum atau setelah menbuat melodi lagu. Lirik lagu biasanya terdiri dari satu nada untuk satu suku kata, ada juga yang satu suku kata dituliskan di beberapa nol.

D. Latihan Menggubah lagu modern secara unisono
    1. Tema lagu
    2. Menentukan birama
    3. Membuat ritmik lagu
    4. Melodi lagu
    5. Lirik lagu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar