Kamis, 11 Februari 2016

Ringkasan Penjaskes kelas 9 semester 1

Bab 1: Permainan Bola Besar


A. Permainan Sepak Bola
   
    Sepak bola adalah permainan beregu, yang tiap regu terdiri dari sebelas orang pemain salah satunya adalah penjaga gawang, permainan gawang boleh menggunakan tangan di daerah hukumannya. Sepak bola juga dapat di definisikan sebagai permainan menendang sebuah bola yang diperebutkan oleh kedua tim atau kesebelasan yang berbeda dengan maksud untuk memasukkan bola ke gawang sendiri supaya tidak kemasukan bola.
    Ketentuan ukuran lapangan ialah panjang lapangan minimal 90 meter, panjang lapangan maksimal 120 meter, lebar lapangan minimal 45 meter, dan lebar lapangan maksimal 90 meter. Untuk pertandingan internasional panjang minimal 100 meter, panjang maksimal 110 meter, lebar minimal 64 meter,dan lebar maksimal 75 meter.

- Gerakan Menendang Bola
    Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam teknik menendang bola adalah posisi kaki tumpu dan       kaki ayun (steady leg position), bagian bola, perkenaan kaki dengan bola (impact), dan akhir               gerakan (follow-through). Menendang bola merupakan salah satu karakteristik permainan sepak         bola yang paling dominan
    Pada dasarnya cara menendang bola dapat dibedakan menjadi 4, yaitu sebagai berikut.
   1. Menendang dengan kaki bagian dalam (instep)
   2. Menendang dengan kaki bagian luar (outside)
   3. Menendang dengan punggung kaki (instep)

- Gerakan Menggiring Bola
     Gerakan menggiring bola bertujuan untuk mendekatkan jarak ke sasaran, melewati lawan,dan              menghambat permainan. Beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat menggiring bola sebagai      berikut:
     1. Bola harus dekat dengan kaki sehingga mudah untuk dikontrol.
     2. Posisi bola tepat di kaki sehingga mudah untuk dilindungi dari lawan.
     3. Pandangan mata tidak hanya tertuju pada bola, melainkan juga pada pergerakan lawan.
     4. Menggiring bola dibiasakan dengan menggunakan kaki kanan dan kiri.

- Menyundul Bola (heading)
     Gerakan menyundul adalah sebagai berikut:
     1. Menyundul bola sambil berdiri
     2. Menyundul bola sambil meloncat/melompat

- Lemparan ke dalam (Throw-In)
  Lemparan ke dalam dapat dilakukan dengan atau tanpa awalan, baik dengan posisi kaki sejajar           maupun salah satu kaki di depan.
  1. Lemparan ke dalam tanpa awalan dapat dilakukan ketika sasaran jaraknya dekat
  2. Lemparan ke dalam dengan awalan dapat dilakukan ketika sasaran jaraknya jauh

B. Permainan Bola Voli
  
    Permainan bola voli merupakan salah satu permainan beregu yang dimainkan oleh dua regu yang dipisahkan oleh net. Bentuk lapangan bola voli adalah persegi panjang dan antara kedua regu dipisahkan oleh net di tengahnya. Permainan bola voli dapat dilakukan di ruang terbuka (outdoor) atau ruang tertutup (indoor). Setiap regu berjumlah enam pemain.
    Teknik dasar yang harus dikuasai dalam permainan bola voli di antaranya adalah servis,passing atas,passing bawah,smash atau spike,dan block

-Servis
 adalah pukulan bola yang dilakukan di daerah sebelah kanan belakang dari garis belakang lapangan permainan (daerah servis) melampaui net ke daerah lawan. Servis dapat dilakukan dalam beberapa cara, di antaranya adalah sebagai berikut.
1. Servis bawah                             3. Servis atas
2. Servis Samping                         4. Servis lompat

- Passing
  adalah usaha atau upaya seseorang pemain dengan cara menggunakan suatu teknik tertentu yang tujuannya adalah untuk memberikan bola kepada teman secepatnya untuk dimainkan di lapangan sendiri. Passing dikelompokkan menjadi dua, yaitu passing bawah dan atas
  1. Passing Bawah
  2. Passing Atas

- Smash
  adalah bentuk serangan yang paling banyak dipergunakan untuk serangan dalam upaya memperoleh nilai oleh suatu tim. Smash juga dapat didefinisikan sebagai teknik menyerang yang bertujuan supaya bola dapat mendarat di daerah lawan tanpa bisa di blok.

- Posisi Pemain
  Dalam permainan bola voli, diwaktu service kedua regu harus ada di daerah masing-masing. Tiga deret ada di depan dan tiga deret ada di belakang. Pemain nomor satu dinamakan server, pemain kedua dinamakan spiker, pemain ketiga dinamakan set upper atau tosser, pemain nomor empat dinamakan blocker, pemain nomor lima dan enam dinamakan libero.

- Block
  adalah menggagalkan serangan lawan dengan cara membendung rintangan yang paling efektif. Block digunakan oleh pemain untuk menahan serangan yang dilakukan oleh lawan.

C. Permainan Bola Basket
   
    Bola basket merupakan permainan yang dimainkan oleh dua tim dimana setiap tim terdiri atas 5 orang pemain. Tujuan permainan ini adalah memperoleh poin sebanyak mungkin dengan cara memasukkan bola ke dalam keranjang lawan.
    Teknik dasar permainan bola basket di antaranya adalah sebagai berikut.
    1. Mengoper (Passing) dan Menangkap (Catching)
    2. Menggiring bola (dribbling)
    3. Lay Up
    4. Menembak Bola (Shooting)

Bab 2: Permainan Bola Kecil


A. Permainan Kasti/Rounders
  
    Permainan kasti adalah salah satu permainan yang menyenangkan. Dengan menguasai teknik-teknik permainan gerak dasarnya , seseorang dapat bermain dengan baik dan tentu lebih menyenangkan. Teknik-teknik dasar permainan kasti meliputi teknik melempar,memukul,dan menangkap bola.

B. Permainan Bulu Tangkis
  
    Bulu tangkis merupakan salah satu olahraga yang masuk dalam kelompok olahraga permainan.Teknik dasar permainan bulu tangkis meliputi beberapa hal berikut ini.
    1. Memegang Raket (Grip)
    2. Pukulan (Stroke) -> Servis,forehand,backhand,Lob, drop shot,Netting.
    3. Gerakan Kaki (Foot work)
    4. Sikap Berdiri (Stance)

C. Permainan Tenis Meja
  
    merupakan salah satu cabang permainan yang menggunakan bola kecil. Pada tahun 1930 masyarakat Indonesia mengenal permainan tenis meja yang dibawa oleh Belanda dan berkembang sampai saat ini.
     Perlengkapan permainan tenis meja -> Meja tenis,Bet,Bola
     Teknik Dasar Permainan Tenis Meja
     1. Memegang Bet
     2. Pukulan -> Drive,Push,Chop,Block
     3. Service

Bab 3: Olahraga Atletik

     Atletik merupakan salah satu bidang olahraga yang banyak digemari oleh masyarakat karena berkaitan dengan kesehatan dan kebugaran tubuh. Olahraga ini merupakan induk dari semua olahraga, karena olahraga ini mendasari teknik olahraga lainnya. Sebagai contoh adalah berjalan, melompat, berlari,dan melempar.


A. Jalan Cepat
  
    merupakan salah satu nomor cabang atletik dan resmi diperlombakan dalam kejuaraan - kejuaraan atletik, baik nasional maupun internasional. Dalam melakukan jalan cepat, perlu adanya penguasaan teknik dasar yang baik agar bisa melakukannya dengan maksimal. Teknik Dasar Jalan Cepat adalah:
    1. Start
    2. Langkah
    3. Condong
    4. Ayunan Lengan
    5. Finish
    Dengan olahraga jalan cepat , tubuh dibuat untuk banyak bergerak. Olahraga jalan cepat membuat otot dan rangka tubuh bergerak, denyut jantung meningkat sehingg darah beserta oksigen dan nutrisi bisa disalurkan dengan baik ke seluruh tubuh.

B. Lari Jarak Pendek
  
    adalah perlombaan lari di mana peserta berlari dengan kecepatan penuh/maksimal sepanjang jarak yang harus ditempuh atau sampai jarak yang telah ditentukan . Pelarinya bisa juga disebut dengan Sprinter. Lari jarak pendek meliputi jarak: 100 m , 200 m, 400 m. Teknik lari jarak pendek dibagi menjadi 3, yaitu start jongkok,gerakan lari,dan teknik memasuki garis finish.
    Larangan pada pelari jarak pendek
    1. Meloncat pada saat memasuki garis finish
    2. Menarik/menggapai pita finish
    3. Berhenti mendadak atau mengurangi kecepatan di garis finish

C. Lompat Tinggi
  
    Seperti halnya olahraga lainnya, lompat tinggi dilakukan melalui tahapan dan aturan tertentu. teknik dasar lompat tinggi
    1. Awalan
    2. Tolakan
    3. Saat Melayang
    4. Pendaratan
    Gaya dalam lompat tinggi
    1. Gaya gunting (scissors)
    2. Gaya Timur
    3. Gaya guling barat (western roll)
    4. Gaya pelana
    5. Gaya fosbury flop

D. Lempar Cakram
  
    adalah salah satu nomor perlombaan lempar yang utama dalam atletik. Dalam perlombaan lempar cakram, atlit berloba melemparkan objek berbentuk cakram sejauh mungkin dengan mengikuti peraturan yang berlaku.
    Teknik - teknik yang digunakan dalam lempar cakram
    1. Cara memegang cakram
    2. Gaya dalam lempar cakram -> Gaya samping, gaya belakang
    3 Cara melakukan awalan lemparan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar